tanaman bunga yang mudah ditanam

udah lama juga gak share pengalaman nih...

kali ini temanya tentang berkebun Bunga..
melenceng dari biasanya .sifat saya yang bosenan dan faktor usia yg maunya dibuat happy..
sekarang saya lagi hobby menanam bunga....dan bunga bunga itu buat happy dan relax ..
saat kita lelah , kita bisa minum teh atau kopi di depan rumah dengan memandang pekarangan yg penuh dengan bunga berwarna warni.
entah mengapa ingin sekali bahkan bermimpi pekarangan saya yg mini dipenuhi dengan bunga..

saya masih ingat terakhir saya menanam bunga itu puluhan taun yg lalu , kira kira usia SD 
itu pun karena keisengan seorang anak aja ..
pada saat itu saya lihat ada rumput berbunga cantik tapi gak tau namanya..
saya potek lalu saya tancapkan saja ke tanah ..dan ajaib tanamannya tumbuh dan berbunga, 
walau tampa perawatan yang berarti .
saya juga suka cangkok cangkok tananaman dan yah lumayan berhasil , satu pohon dengan macam macam bentuk daun ..
itu saja yang saya ingat setelah itu sampai 2017 saya belum pernah lagi bercocok tanam atau menanam tanaman apapun.

lalu mulailah saya beraksi..
disamping pekarangan rumah yang tidak terurus, saya berpikir sepertinya lokasi yang bagus untuk menanam bunga, tempat ini sebelumnya biasanya di pakai untuk membakar sampah dan membuang puing-puing bangunan oleh saya sekeluarga.
sangat jorok dan tidak enak dilihat.
saya rapihkan dengan membuang batu batuan yang ada, lalu meratakan tanahnya merapihkan dengan semampunya saja..

sorenya ada kurir JNE datang membawa pesanan benih bunga Zinnia dan Matahari yg saya beli secara online.
padahal sebelumnya saya sudah punya benih bunga Zinnia (7 buah bunga zinnia kering macam-macam warna ) yang dikasih sama  mamah Eulis tetangga rumah.
Beliau sengaja memetik beberapa bunga Zennia kering dari halaman rumah anaknya untuk diberikan pada saya. 
seneng banget langsung deh saja jemur bunganya biar lebih kering lagi. 
Kebetulan cuacanya pada minggu minggu itu selalu ada hujan deras setiap harinya setidaknya 1 jam setiap harinya.
pagi sampai siangnya panas dan sorenya hujan atau kebalikannya, pagi hujan siang sampai malamnya cerah.
bunga zinnia juga dikenal dengan nama lain yaitu bunga kertas.

Ok, start to the point.
saya berniat menanam bunga matahari dan zinnia
kenapa saya pilih bunga ini ?
selain cantik warnanya , katanya mbah google kedua zenis bunga ini sangat mudah ditanam sekalipun oleh pemula. 
hal lainya zinnia dan matahari masih keluarga , jadi cara menanam serta pertumbuhanya hampir sama.
so,  saya selaku pemula ikutin aja saran dari mbah google.

saat itu 27 Dec 2017 sekitar jam 4/5 sore , saya mulai menanam mereka.
pada tanah tersebut, saya tidak menambahkan pupuk atau sekam padi, murni tanah pekarangan yg bekas bekasan bakar sampah dan puing-puing bangunan tadi.
gak pikir panjang  main langsung sebar begitu saja seperti buang kulit kacang sembarangan, padahal dalam 1 kemasan  yang saya beli isinya tertulis 50 sheed (bibit).
saya lupa kalau bunga matahari itu pohonnya tinggi dan lumayan besar ..#tepokjidat

sedangkan untuk bunga Zinnia sama dengan bunga matahari 1 kemasannya berisi 50 sheed (Mix type bunga zinnia) saya melakukan cara menanam yang sama , sebar semua sheed nya!!!  wkwkwkwk... Untungnya zinnia pohonnya tidak sebesar dan setinggi pohon bunga matahari ..
belum lagi yang dikasih mamah Eulis  , 1 kuntum bunganya aja bisa menghasilkan 20-30 sheeds.
kebayang deh berapa sheeds zinnia yang di tebar tebar...#ngakak

yang saya pikirkan saat itu, ah..! gk mungkin semua benih tumbuh..

gak perlu waktu lama, 3 hari saja kecambahnya sudah bermunculan.
tidak tahunya meleset dari perkiraan , bahkan lebih dari yang diharapkan, hahaha....
kayaknya hampir semua sheed berhasil berkecambah, seneng campur bingung sih..apalagi bunga matahari , karena pohon bunga matahari perlu jarak dengan pohon lainya paling tidak 30cm. 
kata yang berpengalaman biar pohonnya tidak berebut nutrisi.
hadeh ..mana numbuh deket deketan gitu lagi kayak jodo jodoan..#bengong
masih ada untungnya sih..waktu menebar sheeds bunga matahari dan zinnia di beda tempat jadi gak kecampur , yah biar gak jauh jauh amat tapi seenggaknya numbuh tempatnya misah.

akhirnya pada saat pohon usia 2 minggu dengan berat hati harus ada beberapa benih bunga matahari di cabut dari tanah dipisahkan dari teman teman lainya. 
Saking sayangnya benih pohon matahari gak saya buang melainkan hanya di relokasikan ke pekarangan lainya, 3 benih saya coba pindah ke pot ,dengan penuh harap tetap tumbuh terus walau dipindah.
Alhamdulillah 80% benih pohon bunga matahari yang dipindah tetap tumbuh subur,  baik itu yang ditanah maupun yang di pot , tapi tumbuh daun atau dahannya tidak sebesar atau setinggi benih pohon yang tidak dipindah. yah seperti pohon bunga matahari mini gitu deh..hihihi
ini pohon bunga matahari yg saya pindahkan ke pekarangan lain..subur tapi mungil gk tinggi tinggi..

pohon bunga matahari yg dipindahkan
dan ini pohon bunga matahari yg dipindah ke pot..tadinya ada 3 , yg satu keterjak kucing jd sisa 2 dalam 1 pot sama masih kerdil gak tinggi tinggi..

pohon bunga matahari dalam pot



dan ini bunga matahari yg dari semula saya semai tampa dipindah kemedia lain , lebih tinggi dan besar..
pohon bunga matahari yg di tebar bebas di pekarangan

berbeda dengan bunga matahari , walau masa tanamnya dan tingginya sama , bunga zinnia malah sudah bermekaran pada pertengahan Feb 2018,  jadi -/+ 2 bulan masa pertumbuhan zinnia dari bibit hingga berbunga dengan tinggi kisaran 20-40cm 

bunganya cantik warna warni ada kuning, merah,orange, putih, peach ,pink .
ada yg kelopaknya numpuk ,ada yang satu kelopak, ada yang dua kelopak , 
ada yg kelopaknya bulat ada yang kelopaknya lancip .
macam-macam deh dan seger dipandang.
berikut photo bunga zinnia di pekarang rumah saya.. bagus banget kan .






bunga zinnia yg bermekaran
oh satu lagi
waktu bunga zinnia putih mekar agak kecewa karena cuma punya kelopak satu..sudah ditunggu hingga 4 hari kelopaknya masih saja satu..,
akhirnya saya potong saja bunganya..!
berselang dua hari pada pohon yg sama , dahan lainya mekar bunga putih lagi , saya pikir akan berkelopak satu seperti sebelumnya tapi anehnya kelopaknya lebih banyak sepertinya dua tumpuk . apa mungkin ini akibat saya potong bunga sebelumnya ?
saya penasaran jd setiap ada kelopak bunga zinnia cuma 1 tumpuk saya potong 4 hari setelah bunga mekar. dengan harapan dahan lainya akan muncul bunga zinnia dengan kelopak yang lebih banyak .
ini zinia kelopak 1 sebelum di potong

kelopak 1
dan ini bunga zinnia yg mekar selanjutnya pada pohon yg sama 
kelopaknya lebih banyak ..
bunga yg mekar di pohon yg sama sesudah bunga sebelumnya di potong 

sekian dulu semoga bisa jadi bayangan buat kalian moms yg mau ngulik pekarangan rumah jadi kebun bunga.
post selanjutnya saya akan membahas bunga lainya..

silahkan leave koment jika ada pertanyaan.
terimakasih


Comments