Jualan di Shoppe

lg bengong tiba-tiba dapet telp..
"Hallo dengan ibu atau sdri yang punya toko Lagi trend ?" nada lembut
"emmm...iya betul.." semangat jawab kirain customer yg mau order barang
ya singkat cerita..
katanya toko ane terpilih untuk menjadi salah satu penjual di aplikasi baru jual beli Shopee
dan apabila kita setuju maka mohon isi format form yg akan dikirimkan melalui whatshapp
trus sempet nolak gitu ..alesannya sy udah punya toko ditokopedia sy cuma sendiri mengatur toko klo punya toko banyak takutnya ribet dan gak ada waktu buat upload2 ,dll...

tapi dengan ramah marketing shopee menawarkan apabila kita setuju dan mau mengisi format yang diminta untuk membuka toko , maka mereka akan bantu upload barang di shoppe dengan mengcopy barang yg kita jual di instagram atau tokopedia juga mengatur harga dan lain2
jika sudah aktive kita cuma tinggal terusin aja deh..

pikir2..satu detik..dua detik..tiga detik...ampe ...oke deh..deal

trus gk lama besoknya klo gak salah kita di hub disuruh buka link toko di seller office shopee yang id dan passwordnya sudah dibuatkan sesuai keinginan kita saat mengisi format yang dikirim via WA..Shopee juga bisa didownload melalui aplikasi ,
pertama-tama bingung....tapi lama kelamaan akhirnya paham
bukan cuma itu , karena saat itu masih promo..shopee menawarkan gratis ongkir atau subsidi ongkir sebesar 30 rb pada pembeli atau consumen dengan belanja minimal pembelian 30rb Rupiah di setiap toko (itu termasuk toko aku) hiiiii..gk semua toko loh dapat subsidi promo dari Shopee

Alhamdulillah hari pertama langsung adapet 3 order, hari kedua 2 order sampe akhirnya ketagihan jualan di Shopee

cuma dengan bertambahnya jumlah pengguna aplikasi Jual beli Shopee, Shoppe menurunkan promonya dari belanja 30rb dpt ongkir gratis (subsidi 30rb Rupiah) menjadi belanja min 90rb dpt ongkir gratis (subsidi 30rb Rupiah) sampai akhirnya sekarang menjadi belanja min 120rb dpt ongkir gratis (subsidi 30rb Rupiah) ...bisa ditebak..tentu aja makin kesini toko makin sepi..order yg satu bulan bisa smpe 20-30 transaksi jd 5-10 transaksi aja

review
1. shopee menyediakan layanan pesan otomatis jd pembeli dan penjual bisa tanya jawab layaknya orang sedang chat

2. kemudahan dalam mengontrol transaksi sebelum pembeli melakukan pembayaran
kita bisa memberitahukan pada pembeli apakah produk yg akan dia pesan stocknya ready atau tidak..jika tidak kita bisa infokan agar pembeli tidak perlu melakukan pembayaran karena produk yg diinginkan sedang kosong.

3. pembeli juga bisa melakukan cancel order , untuk penjual ada tombol tolak atau terima cancel order..
layanan ini lumayan menggangu apabila kita penjual reseller atau dropship dr toko lain ..
klo kita tolak pasti pembeli akan kecewa ,
kalo yg beli murah hati dia cuma bilang " emm..ya udah gpp process aja sist"
klo yg mangkreng and saklek " ih gimana sih sy kan gk jadi balikin uangnya dan saya gk mau tau..sy maunya order saya ini di cancel.."
demi nama baik ya udah kita cancel...tp orderan kita yg dropship ke orang gimana cancelnya...nasib...nasib..

4. ada layanan nawar juga jd pembeli bisa nawar2 harga sebelum membeli layaknya belanja di pasar tradisional hahaha....say No to nawar2..harga udah net sist, gan, Bro..
tapi selaku penjual bisa mengaktifkan atau menonaktifkan layanan ini

5. pengiriman awalnya hanya JNE,tp sekarang sudah bisa Via JNT & Pos
ada layanan Gosend
Wilayah yang didukung Go-Send Same Day terhitung bulan Mei 2017 hanyalah wilayah JABODETABEK.(KAB.BOGOR gak masuk)


jd ingat ya..klo kita penjual yg mendapat subsidi promo ongkir gratis jangan sekali-kali kirim dan masukin resi salah ..nanti kita gk bakal dapet penggantian ongkir dr Shopee..
misalnya pembeli kita dr ambon ongkirnya kisaran 45rb perkilo .. trus salah masukin resi pembeli dr Bandung yg ongkirnya 11rb, sialnya lg pembeli ini gk belanja melalui shopee ,
klo kita gk revisi dan gk teliti apabila transaksi selesai maka system Shopee akan otomatis mengganti ongkir yg kita tanggung sebesar 11rb aja bukan 45rb ...ini bukanya untung malah jd rugi deh..

Tapi salut sama shopee..hal ini pernah saya alami .
caranya kita cukup claim ke shopee melalui contact CS Shopee dengan melampirkan bukti transaksi,resi dan alasan yg masuk akal ..dengan baiknya shopee akan mengganti kekurangannya sekita 2-3 hr kerja kedepan .

segini dulu deh ..waktu sharenya gk cukup ..ada waktu dilanjut lagi

saran ane sih...
ente gak usah deh ikut ikutan jualan di Shopee ntar ane banyak saingan tokonya makin sepi...


Comments

  1. emang shopee mah bikin rugi, penjual selalu dirugikan,

    saya juga sama uda banyak yg ga diganti sm shopee, kalo salah masukin satu angka aja dipersulit, ongkir ga diganti, dan sy jg saya, td nya pos indonesia 45rb, sy keselip krim jne dr skian banyak orderan cs shopee cmn blg, ongkirnya ga di bayarkan
    shopeee suekkkkk, bikin rugi penjual

    ReplyDelete

Post a Comment