Skip to main content

Tips memperoleh panggilan Pekerjaan

Sharing pengalaman lagi nih...

cara aku ini sudah 2 kali aku coba dan panggilan interview pun saya dapat..

tapi sebelumnya bacalah tentang kisah saya dari awal aku dapet kerja ..
Lulus sekolah tahun ajaran 1997/1998 karena gak punya banyak biaya untuk kuliah aku langsung putuskan melamar kerja..
yang terpikir saat menerima ijazah adalah kerja dan punya penghasilan, syukur2 bisa bantu kebutuhan mama dan adikku. ..
aku gak punya banyak pengalaman apa2...gak pernah tau kerja itu seperti apa..
karena hanya modal ijazah SMEA aku gak terpikir untuk mencari kerja enak sebagai staff  adm atau kerja kantoran. .faktor umur terbilang muda menjadi keburuntungan saat itu, banyak pabrik memang membutuhkan tenaga muda dan hampir 80% pelamar yang baru lulus pasti mudah diterima.
dan setelah beberapa kali bolak balik melamar kerja 3 bulan mencari kerja akhirnya di terima di sebuah pabrik pembuatan sepatu, aku diterima kerja sebagai operator produksi di taruh di bagian sewing atau jahit..bingung aku kan gak bisa jahit " kok ditaruh di bagian jahit ? "
ternyata jahitnya bukan jahit sendiri melainkan pakai mesin jahit komputer yang sudah di program kita hanya tinggal pencet tombol , injak pedal dan pasang/ganti benang sekoci..hah itu sih gampang..
semangat muda masih menggebu..kerja mati-matian untuk mencari uang dilakoni sampai sembilan bulan di pabrik itu...
ada satu hal yang saya sesali sampai saat ini..waktu itu aku ditawari sebagai staff
bosku memberi 2 pertanyaan:
1. "kamu bisa komputer..?" saya jawab"ngak terlalu.."padahal waktu itu aku sedang ambil kursus komputer disalah satu lembaga pendidikan dekat rumahku..
2. "kamu bisa bahasa inggris?" saya jawab " tidak" padahal nilai bahasa inggris aku di nem 8 koma hampir sembilan malahan aku itu masuk nilai terbaik 2 sekabupaten untuk bahasa inggris.
2 pertanyaan itu saya jawab karna saya tidak percaya diri dan takut malu jika gagal...
yah betul deh, akhirnya gagal sudah kesempatan baik itu..
jika teringat akan semua itu ..masih menyesal rasanya sampai saat ini.

karena lelah bekerja sebagai operator produksi badanku sampai kurus kering karena bekerja siang malam(di ship maksudnya) belum lagi letaknya lumayan jauh dari rumah 2 kali naik kendaraan aku putuskan mengundurkan diri.

lalu aku nganggur 3 bulan ,pada saat 3 bulan itu aku coba ngelamar kerja di perusahaan atau pabrik alat music dekat rumahku, waktu itu sangat parah susah sekali diterima kerja disana harus nunggu diluar sampai jam 2 siang bolak balik tiap hari menunggu keputusan..tapi karena tidak ada yang bawa(tidak punya refernsi) lamaranku dikembalikan dengan alasan tidak ada lowongan lagi. sedangkan 280 orang lainnya diterima kerja disana.
pulang dengan rasa kecewa..
coba bayangkan pabrik yang berdiri dekat rumahku tidak mau menerimaku kerja disana padahal aku orang situ asli,punya sertifikat komputer, dan usia masih muda ..despresi tingkat tinggi aku orang yang menolak kegagalan..akhirnya aku mengurung diri dikamar menyesali mengapa aku berhenti kerja..dan aku ambil gunting dan memangkas rambut panjangku jadi cepak..terinpirasi sama model video klip Alm Chrisye yang judulnya Surya tenggelam..lebay.com alay ala taon 80an gtu heheheh... 

mungkin potong rambut buang sial kali ya...tetangga rumahku temen baikku kebetulan punya pacar di pabrik deket rumahku dan pacarnya ini jabatannya lumayan lah bisa sebagai referensi kerja 
dia bilang tanya lamaran dan mau masukin saya kerja di pabrik alat musik itu
katanya sih klo bawaan dia jadi staff gtu deh apalagi ada sertifikat kursus komputernya.. !!
besoknya saya ditelp suruh dateng ke pabrik untuk interview..dan melalui test
datang test pada saat itu cuma pormalitas aja..kalo ada yg bawa pasti masuk..
saya juga yakin kalau pada saat interview dan test waktu itu gak ada yang bawa pasti gak terima karena testnya susah hampir 68% matematika...secara kan paling Jeblok nilai MTKnya hihihihi..
setelah test tibalah waktu interview , personalianya melihat saya dari atas sampai bawah..pada saat itu pakai baju putih lengan panjang dan celana hitam berpenampilan rapi, hanya saja kepala saya yang pelontos membuat dia berkata " kamu bawaan mr x yaaa? " sambil lihat kearah saya tajam " kamu kerja bagian produksi aja ya..!!"
hadeh...dengan terpaksa tapi cukup senang karena diterima kerja saya jawab " baik pak!!"
akhirnya saya kerja disana dan luarbiasa tersiksa saya ditaruh dibagian amplas, bukan itu saja pekerjaan itu menuntut kita kerja berdiri selama 8 jam kerja jika ada over time pulang sampai jam 9 malam coba bayangkan betapa lelah dan sakitnya kaki saya...pada hari pertama bekerja saya pulang menangis kepada mama saya , saya bilang " mama masa saya disuruh ngamplas dan kerjanya berdiri..!!"
mama saya bilang " ya sabar ya nak..nanti juga kamu terbiasa, jalanin saja dulu nanti kalau hutang mama sudah lunas kamu boleh berhenti kerja..!!" :(..
kata-kata itu memacu semangat kerja saya esoknya saya kembali bekerja 2-4 hari masih suka mengeluh sakit sama mama..tapi setelah 5 hari lebih saya lihat orang-orang yang bekerja disekeliling saya ..mereka sangat baik dan bersemangat dalam bekerja , mereka juga tidak malu mengamplas, atau mengeluh bekerja berdiri seharian...rasa malu dan letih hilang karena kami bekerja dengan cinta...sampai saya juga menemukan jodoh dan cinta saya disana.
1 tahun saya bekerja rambut saya pun sudah panjang, mulai ada perhatian dari foreman & supervisor saya.
karena perubahan system mengharuskan mereka membuat laporan adm setiap hari, foreman & supervisor terlalu sibuk dan tidak sempat mebuat laporan
mereka tahu saya punya keahlian dalam adm karena saya lulusan SMEA dan punya keahlian komputer...akhirnya saya lah yg membantu melakukan tugas meraka itu 
dua jam dalam total jam kerja saya gunakan untuk duduk membantu foreman & supervisor saya menulis absen dan memberikan laporan kerja kepada staff kantor produksi.

2 tahun kemudian saya dipindah bagian ke Assembling bagian pengkilapan..disana kerjanya lebih bersih namun dituntut kejelian ..alat music guitar electric harus di lap dari atas, bawah,depan,belakan  hingga keselah2 berat untuk 1 guitar electric adalah -/+ 9 kg dan 1 orang dituntut target mengelap gitar 300 pcs /hari....haduuuh..begitulah kerja.
.
3 tahun setelahnya sayapun menikah dan hamil..saat hamil kandungan saya lemah atas kebaikan Alm Sigit supervisor saya dipindah kebagian gudang.
disana saya bekerja menyolder dan merakit komponen guitar, perkerjaan adm masih terus dilakukan..

singkat kisah 5 tahun kedepan kesempatan itupun hadir , saya dipindah kebagian logistics
Alhamdullilah saya jadi staff disana 1 tahun pertama disana banyak yang merubah hidup saya, pengalaman & pengetahuan pun bertambah...setiap hari saya bekerja menggunakan komputer bahkan bukan sombong saya lebih jago menggunakan Excel daripada staff yg sudah lama , bahasa ingris yg saya pelajari disekolah pun berguna karena pembelian barang kebanyakn import jadi komunikasi dengan supplier menggunakan Bahasa Inggris via email . 
semua itu karena ada fasilitas internet & Mbah Google yg banyak sekali bantu saya....
mulai dari google translatenya, lalu facebook,blogger dan rumus excel yang selama ini saya gk serius pelajari... 
pada tahun 2009(10 tahun masa kerja) usia 29 tahun akhirnya saya putuskan untuk berhenti bekerja berpikir ingin pensiun,ambil pesangon dan mengurus anak dirumah.

awalnya sangat nyaman dirumah menjelang 3 bulan uang pesangon sudah menipis gaji suami 1 bulan tidak cukup menafkahi hidup kami semakin hari semakin banyak tuntutan hidup yang harus dipenuhi..dengan uang terbatas ..kami memang tidak banyak hutang namun kami jadi terputus hub dengan saudara,tidak bisa memberi hiburan mewah kepada anak-anak, jln2 pun tidak, pernah mau pulang kampung kami meminjam uang pada saudara tapi gk dikasih dengan alasan gak punya juga..jika ingin berkunjung ke rumah saudara yg kena musibah, saudara berkunjung kami selalu tidak bisa datang/memberi  , ada uang lebih 50rb pun kami sayang.
1 tahun tidak bekerja rasanya tersiksa...akhirnya sepakat atas ijin suami tahun 2010 saya mulai cari kerja .
pada usia 30 tahun akan sulit cari kerja apalagi sudah berkeluarga...tapi hal itu tidak membuat saya putus asa saya yakin akan ada perusahaan yang mau menerima saya dan saya yakin Allah tau saya sedang membutuhkan pertolongan.

disinilah awal tips itu...
bingung kemana saya akan melamar kerja..lalu saya buka internet untuk bertanya pada mbah google adakah loker untuk wanita usia 30 thn didekat rumah Bogor atau Jakarta selama itu Jabotabek akan saya lakoni jika terima panggilan...
mulailah saya melamar lewat internet saya scan lamaran saya dan saya melamar  mulai dari jobstreet dan website loker lainya..
menunggu beberapa minggu tidak ada panggilan interview..lalu saya searching  digoogle nama-nama PT disekeliling rumah saya atau di sekitar JaBoTaBek kemudian setelah dapat list nama2 perusahaan saya searching satu-satu alamat email HRD/personalianya.
sebagian PT banyak yang tidak mencantumkan keterangan email tapi tidak sedikit PT yang mencantumkan email perusahaan/ HRD mereka ke situs dan itu semua di tampung di mbah google.


"dengan rasa tidak ingin mengulangi kebodohan tentang ketidak percayaan diri ditahun lalu..dan tanpa ragu saya mengajukan lamaran melalui email dan menerangkan disana
bahwa saya wanita usia 30 tahun,lulusan SMK, punya sertifikat komputer, memiliki pengalaman sebagai staff pembelian, bisa excel & bahasa inggris pasif
saya mohon di beri kesempatan dan saya adalah orang yang suka belajar juga pekerja keras

Dengan semangat 45 saya kirim lamaran & lampiran pekerjaan saya satu persatu ke alamat email yang saya dapat di mbah google ,walaupun mereka tidak pasang iklan buka lowongan tapi apa salahnya kita kirim email permohonan lamaran kerja ke HRDnya dengan harapan siapa tau suatu saat akan ada dari salah satu perusahaan yang membutuhkan dan menelepon .

1 tips lagi jika tidak ada alamat hrd PT yang kita incar namun ada email perusahaan contoh :
PT.Rajasakti emailnya marketing@rajasakti.co.id kemungkinan email HRDnya adalah hrd@rajasakti.co.id
jika salah pasti akan ada laporan Mail delivery berarti salah alamat email namun diluar kesalahan itu hampir 50% alamat email hrd benar.
setiap hari kurang lebih 5 lamaran saya kirim, jika paket internet habis saya pergi ke warnet..begitu sampai 50 lebih perusahaan saya kirim lamaran hasilnya 5 dari perusahaan yg saya kirim email menelepon dan memanggil interview..

Saya tidak bilang bahwa 5 panggilan interview pasti anda diterima kerja ,  intinya keberhasilan saat test & interview tergantung dari anda semua. Tinggal anda menyiapkan diri, mental dan kepercayaan diri.

Ingatlah kesempatan kedua belum tentu ada ,jadi percayalah bahwa anda mampu.
anda  atau kita tidak akan tahu mampu atau tidak jika kita sendiri tidak pernah mencoba jangan berputus asa jika gagal mungkin Tuhan sedang siapkan yang terbaik untuk kita
Believe and trust your self , because sometime you can do what you think you can't do...
semoga menjadi pelajaran
salam blogger...

Comments

  1. Mba nya jd kerja dimana? 😄
    Makasih mba atas cerita inspiratifnya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Berjualan di Elevenia

Sekarang ini mulai gencar Iklan-iklan yang mempromosikan situs-situs E-commerce di televisi
jika Toko bagus yang berubah jadi OXL dan berniaga.com sudah lama memperkenalkan diri di televisi, kini Tokopedia, Zalora & Elevenia.
Tidak tanggung-tanggung Elevenia menggaet artis Cinta Laura untuk promosinya.
Elevenia memang menawarkan tampilan desain yg lebih menarik dan modern , hampir sama dengan situ-situs e commerce diluar negri.
Elevenia memberikan fasilitas pada calon penjual untuk mengiklankan produk beserta deskripsi lengkap dan contact person yang dapat dihubungi.
disini saya akan share cara berjualan pada Elevenia bagi penjual Individual.
pertama-tama kita harus regristasi atau memiliki account sebagai penjual baik itu individual/ perusahaan, setelah regristasi kita diminta memasukan data dan memperifikasi email.
saat mengisi informasi penjual kita akan diminta mengirim scan KTP/Buku rekening ( bukti transaksi melalui internet Bank juga bisa), NPWP jika ada.
Jika sudah seles…

Cara Jadi Importir

Hy udah lama nie kagak posting..biasa mau sharing pengalaman walaupun baru bahkan barang order pertama saat ini masih di forwarder China,tapi saya mau berbagi pengalaman saya ..karena jarang sekali saya dapatkan postingan yang sharing cara ini secara blakblakan .. awalnya sih ingin mendapatkan penghasilan lewat internet dengan menjadi reseller product-product Import , tapi lama-lama penasaran gimana sih cara mereka para importir mendatangkan barang ke Indonesia atau ke negara kita...

1. tahap pertama yang harus disiapkan adalah Mental kita sendiri..siapkah kita menjadi Importir jika sudah maka berdoalah kepada Tuhan dan meminta petunjuk untuk diyakinkan mental dan keyakinannya.. 2. kemudian Modal..Alhamdulillah bermodalkan 10 juta Rupiah saya bertekad untuk menjadi Importir..dan barang yang akan saya pasarkan adalah Tas wanita Import dari China..lalu saya cari dan berkenalan dengan sesorang yang menawarkan jasa Importir, dari sana saya mengenal www.seatobao.com situs e commerce terbe…

Lipstick Me Now kiss proof review

Awal-awal penasaran dengan reviewnya yang banyak ...bikin tertarik pengen coba jual..akhirnya setelah ketemu sumbernya saya putuskan membeli dan menjualnya..
Rasanya kurang apdol klo saya penjual gak mencoba memakainya..klo hasilnya bagus kan bisa lebih tau cara promosinya
Awalnya bingung mau pilih warna yang mana..akhirnya jatuh lah pada pilihan no 12 dark purple..
Setelah coba aduhai langsung jatuh cinta
Tidak berbau,tidak lengket, tidak nempel digelas,waterproof, warna natural, longlasting(tahan lama) dan ringan walau gk moisy saat di poles tp soft dalam hitungan detik lipstick langsung kering...hasilnya matte abis.
Akhirnya jadi pengen warna yang lain..coba warna 9 agak kurang cocok sih dibibir aku tapi hasilnya mang keren
Coba lagi warna no 19 orange..awalnya kok kayak beda ya..kurang rata saat di poles dibibir tp setelah beberapa detik hasil mattenya muncul..penasaran lagi coba no 6 warnanya emang cocok banget ama pribadi saya...kalem
Dan warnanya gak beda jauh dengan lipstick …