Skip to main content

Spare Part Guitar

Guitar memiliki berbagai bagian, sebagian besar orang hanya mengetahui garis ebesarnya saja seperti di bawah ini

<a href="http://www.bhinneka.com/Associate/asc_clicks.aspx?BARef=BATL160200553&BATrcID=calmharyantiblog1330274&Link=http%3a%2f%2fwww.bhinneka.com%2fproducts%2fsku00413628%2fyamaha_gitar_klasik__gl1__-_natural.aspx&SubID=" target="_blank">YAMAHA Gitar Klasik [GL1] - Natural</a>
  1. "Headstock" (kepala) (1)
  2. "Nut" (2)
  3. Alat Pemutar (3)
  4. Frets (4)
  5. "Neck" (Leher) (7)
  6. Heel (Penghubung) (8)
  7. Badan Gitar (9)
  8. "Bridge" (12)
  9. Bagian Belakang (14)
  10. "Soundboard" (Bagian Penghasil Suara / kotak resonansi) (15)
  11. Bagian Sisi (Samping) (16)
  12. Lubang suara (17)
  13. Senar (18)
  14. "Saddle" (19)
  15. "Fretboard" (Fingerboard) (20)

Namun sebenarnya masih banyak bagian gitar yg belum tersebut disana
berikut saya kasih tau nama-nama sparepart dari atas ampe bawah dan penyebutannya



1. Nut
ini adanya di leher/neck guitar gunanya untuk menahan string biar gak lari kemana-mana kali ye..
mang mau lari kemana

Nut + locking Nut biasanya untuk electric guitar yg memakai bridge up down seperti gambar di bawah ini




2. Head Machine/tuning Machine
ini buat gulung string..modelnya banyak macemnya
nie juga adanya di leher/neck guitar di bagian TOP
<a href="http://www.bhinneka.com/Associate/asc_clicks.aspx?BARef=BATL160200553&BATrcID=calmharyantiblog1330274&Link=http%3a%2f%2fwww.bhinneka.com%2fproducts%2fsku00413628%2fyamaha_gitar_klasik__gl1__-_natural.aspx&SubID=" target="_blank">YAMAHA Gitar Klasik [GL1] - Natural</a>
bagian pelengkapnyanya pun banyak ada bushing,Ring & screw


3.String
 klo gak ada string Guitar gak bakal bunyi jreng-jreng...atau twewww..tweeew..

ni contoh pemasangan string yg paling ruet kali ye..
http://www.bhinneka.com/Associate/asc_clicks.aspx?BARef=BATL160200554&BATrcID=calmharyantiblog1330274&Link=http%3a%2f%2fwww.bhinneka.com%2fproducts%2fsku01714410%2falbert_augustine_classic_gold_string_set_medium_tension.aspx&SubID=

4.Fret wire
ni yg di pasang di neck guitar buat ngebatesin, ngejaga spasi string dengan benar.
jadi not string tertahan oleh fret yang kadang-kadang lebih tinggi dari fret yg lainnya
5. Dot position
ni banyak bentukny tapi yg paling awam si yg bulet2..
dipasang pada fingerboard di muka/disamping

6. trus rod
ini letaknya di dalam neck guita fingsinya supaya neck gampang di lempengin klo bengkok.

7. Trus rod Cover
ini fungsinya buat nutup lobang trus Rod kan gak enak tuh klo keliatan ih ada yg nongol2/yg ngintip2..klo di kasih cover lebih rapih..

8. Finger Board
bahan tipis dari kayu yang biasnaya dilaminasi kedepan leher/neck guitar

   
9. Inlay decoration
ini dipasang bisa hanya pada fingerboard juga bisa di seluruh body guitar
modelnya macam-macam tergantung model dan Brand guitarnya masing-masing
10. ABS / Binding
biasanya di pasang u/ list pada body & neck  guitar
warna dan bahan beragam, ada yg bahan plastics ABS/ celluloid
ukurannya ada  yg lembaran biasanya u/ pabrikan nanti di potong2 sesuai kebutuhan.
ada juga yg dijual pcs contoh gambbar no 2.
11. Sound hole decoration
     biasanya untuk guitar accoustics dan di pasang di sekitar hole guitar/ di sekeliling guitar sebagai list
materialnya dari kayu
 12. Back cover
       bisanya di gunakan Guitar electric untuk menutup body yg di pasang Volume assy atau sparepart yg mendukung lainya

13. Toggle / switch
untuk mengatur Rhythm dan treble 

14. Toggle Switch cup
15. Toggle Name

16. Toggle Back cover
setelah toggle switch di masukan pada lubang toggle switch  maka akan di tutup oleh cover

17. Pickguard
      1. Pickguard accoustics Guitar tidak ada lubang Pick up dan di pasang pada samping hole

       2. Pickguard electric Guitar



18. Wiring Plate
pickguard yg sudah ada Pick up dan Volume Assy


19. Back plate
bisanya ada pada guitar Electric yg neck & bodynya di sambung
20. End pin fungsinya untuk menggantung strap/ tali Guitar
End pin untuk electric guitar
Endpin electric Guitar
End pin Untuk semi accoustics disebut juga endpin jack karena memiliki 2 fungsi sebagai pengait dan sebagai jack konektor
End pin Jack
End pin accoustic
End pin Accoutic

21. Volume Assy/ Wiring Assy
       Sebagai pengatur / control suara, trible, bass, tone dll

22. Pick up
Pick up adalah transducer yang menangkap getaran dawai untuk dikonversikan menjadi arus listrik
dan kemudian menciptakan suara
lebih detail kunjungi blog tetangga ane disini

     

23. Tail piece
Tail piece Guitar + Tail bolt nut
tail piece model pertama kebanyakan digunakan untuk electric guitar

pada gambar kedua biasanya diguanakn untuk guitar semi accoustics
banyak lagi macamnya yg namnya Tail peice

24. Bridge
Contoh Bridge Electric guitar

Contoh Wood bridge untuk accoustics
Bridge Pin
25. Saddle

perhatikan gambar untuk pemasangan Bridge pin & Saddle



26. Jack
Jack
Jack Cocer


salah satu contoh pemasangan jack pada guitar
27. Tail Bolt nut & Bridge bolt nut
Tail Post
pemasangan untu tail & bridge post
Hinge post
28. Handle
29. Knob
dipasang sebagi petunjuk Volume / pemutar Assy
bentuknyapun macam2
bahannya ada yg metal/plastics
ada yg langsuing pasang ada yg dikunci pakai kunci L
30.Back Plate Bushing
untuk Guitar yg tidak mengunakan Plate pada sambungan perhatikan gambar
31. Battery case
Untuk tempat battery guitar yg active

32. Battery metal clip
untuk battery yg munggunakan connector Holder


Kurang lebih segitu dulu deh infonya..ntar klo ada yg baru atau yg belum ada saya tambahin lagi..
semoga menambah informasi agan2...

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Berjualan di Elevenia

Sekarang ini mulai gencar Iklan-iklan yang mempromosikan situs-situs E-commerce di televisi
jika Toko bagus yang berubah jadi OXL dan berniaga.com sudah lama memperkenalkan diri di televisi, kini Tokopedia, Zalora & Elevenia.
Tidak tanggung-tanggung Elevenia menggaet artis Cinta Laura untuk promosinya.
Elevenia memang menawarkan tampilan desain yg lebih menarik dan modern , hampir sama dengan situ-situs e commerce diluar negri.
Elevenia memberikan fasilitas pada calon penjual untuk mengiklankan produk beserta deskripsi lengkap dan contact person yang dapat dihubungi.
disini saya akan share cara berjualan pada Elevenia bagi penjual Individual.
pertama-tama kita harus regristasi atau memiliki account sebagai penjual baik itu individual/ perusahaan, setelah regristasi kita diminta memasukan data dan memperifikasi email.
saat mengisi informasi penjual kita akan diminta mengirim scan KTP/Buku rekening ( bukti transaksi melalui internet Bank juga bisa), NPWP jika ada.
Jika sudah seles…

Cara Jadi Importir

Hy udah lama nie kagak posting..biasa mau sharing pengalaman walaupun baru bahkan barang order pertama saat ini masih di forwarder China,tapi saya mau berbagi pengalaman saya ..karena jarang sekali saya dapatkan postingan yang sharing cara ini secara blakblakan .. awalnya sih ingin mendapatkan penghasilan lewat internet dengan menjadi reseller product-product Import , tapi lama-lama penasaran gimana sih cara mereka para importir mendatangkan barang ke Indonesia atau ke negara kita...

1. tahap pertama yang harus disiapkan adalah Mental kita sendiri..siapkah kita menjadi Importir jika sudah maka berdoalah kepada Tuhan dan meminta petunjuk untuk diyakinkan mental dan keyakinannya.. 2. kemudian Modal..Alhamdulillah bermodalkan 10 juta Rupiah saya bertekad untuk menjadi Importir..dan barang yang akan saya pasarkan adalah Tas wanita Import dari China..lalu saya cari dan berkenalan dengan sesorang yang menawarkan jasa Importir, dari sana saya mengenal www.seatobao.com situs e commerce terbe…

Lipstick Me Now kiss proof review

Awal-awal penasaran dengan reviewnya yang banyak ...bikin tertarik pengen coba jual..akhirnya setelah ketemu sumbernya saya putuskan membeli dan menjualnya..
Rasanya kurang apdol klo saya penjual gak mencoba memakainya..klo hasilnya bagus kan bisa lebih tau cara promosinya
Awalnya bingung mau pilih warna yang mana..akhirnya jatuh lah pada pilihan no 12 dark purple..
Setelah coba aduhai langsung jatuh cinta
Tidak berbau,tidak lengket, tidak nempel digelas,waterproof, warna natural, longlasting(tahan lama) dan ringan walau gk moisy saat di poles tp soft dalam hitungan detik lipstick langsung kering...hasilnya matte abis.
Akhirnya jadi pengen warna yang lain..coba warna 9 agak kurang cocok sih dibibir aku tapi hasilnya mang keren
Coba lagi warna no 19 orange..awalnya kok kayak beda ya..kurang rata saat di poles dibibir tp setelah beberapa detik hasil mattenya muncul..penasaran lagi coba no 6 warnanya emang cocok banget ama pribadi saya...kalem
Dan warnanya gak beda jauh dengan lipstick …