Monday

Menghapus item yang sama pada excel

Microsoft adalah salah satu aplikasi yg hampir banyak digunakan di perkantoran sebagai sarana administrasi  untuk membuat laporan atau dokumen.
salah satu yg sangat umum dan sering saya gunakan adalah Excel
excel banyak sekali membantu pekerjaan saya, penggunaanyapun semakin kedepan semakin mudah saja.
terkadang kita menemukan kendala laporan dimana item yang akan kita laporkan itu ganda atau ada duplikatnya, kalau item yg dilaporkan hanya 1-20 mungkin mudah saja jika kita delet satu persatu , tapi bagaimna jika item yg kita laporkan ribuan...
disini excel sangat membantu saya contoh
perhatikan ini adalah contoh saat saya membuat laporan pembelian

file awal memliki 6 kolom terdiri dari nama supplier, No PO, Code barang, item,description,qty(jumlah)
beberapa PO memiliki item yg sangat banyak dan yang perlu saya laporkan hanya nomor PO dan nama supplier saja.
disini saya akan menunjukan cara tercepat untuk menghapus item yg sama , sehingga tidak ada duplikat.
kita check dulu apakah memang ada item / no Po yg sama
caranya: prhatikan gambar dibawah ini
sorot pada kolom B (no PO) pada home tab pilih conditional formating->highlight cell rules->duplicates value akan  muncul tool baru klik saja ok(perhatikan gambar ke dua) maka item yg sama akan berwarna merah secara otomatis.
item warna merah ini lah yg akan kita hapus karena sama.
langkah berikutnya :
sorot semua kolom A,B,C,D,E,F

pada toolbar klik data ->  klik remove duplicates, maka akan muncul pilihan,
 centrang pada kolom supplier & PO no (A,B) saja sisanya jangan di centrang lalu klik ok, maka duplikat atau untuk No po & Supplier yg sama sudah terhapus secara otomatis.



selesai sudah anda tidak akan menemukan No po yg sama pada file excel anda
karena yg dibutuhkan hanya no Supplier dan No PO saja maka kolom c sampai f saya hapus, berikut tampilannya setelah selesai 
Catatan : jika ada salah satu kolom ada yg kita marge & kolom biasanya akan sulit jadi pastikan kolom yg di sorot tidak ada yg di marge.
demikian mudah-mudahan jelas , dapat dimengerti dan dapat membantu tentunya.
silikan di coba..^^

0 komentar :

Post a Comment

Copyright © 2014 Calmharyantiblog . All Rights Reserved. Template by CB Blogger . Powered by Blogger.