Memelihara Kelinci


Siapa sih yang gak tahu hewan lucu and menggemaskan ini...
terutama anak kecil pasti suka banget...
pada awalnya tidak sama sekali terpikir memelihara kelinci...karena sebelumnya pernah dengar kalau memelihara kelinci itu susah..kalau gak bisa, bisa beresiko kelinci yg kita pelihara mati..
Waktu main ke Ragunan disana banyak sekali kelinci kecil dijual
karena anakku yang kecil merengek terus minta dibelikan kelinci akhirnya suamiku membelikannya tampa kita ketahui...
ayah   "kejutaaan!!!
aku dan anak2ku "ih lucuuuuuuu..imuuut!!!"" sambil rebutan ingin mengelus dan memegang...
seneng banget anak2 aku begitu juga aku secara suka juga sama kelinci..
dia membeli 2 ekor kelinci kecil berwarna putih yag satu matanya warnanya hitam bulat besar dan yang satu matanya berwarna merah
"ini kelinci apa yah...?" aku tanya suamiku
"kata tukangnya ini sepasang bun, kelinci anggora, umurnya baru 2 bulan .!!" kata ayah
"trus makannya apa aja?"
"katanya suruh makan rumput aja dulu terus jangan dikasih minum..."
"oooooo..." 
 dengan perasaan bahagia kami bawa pulang mereka berdua...tiba dirumah terlihat sekali dua anak kelinci ini kelaparan..bingung gk punya rumput..akhirnya ibu aku petikan daun ubi jalar depan rumah tetangga...trus woow...lahap banget...daun ubi segitu banyaknya cuma dalam waktu kurang dari 5 menit habis sama mereka berdua....ckckckck...!!
besoknya Ayah sibuk buatin kandang karena rumah kami kecil ,gak mungkin juga naruh kelinci yg tukang Pup sama pipis ini di dalam rumah ...
saking sayangnya sama kelinci dan tidak ingin kelinci kami mati, kami selalu mengurus mereka dengan penuh cinta bersama2...
seraching di mbah google tentang pangan kelinci akhirnya kami memberikan makan pokok sawi & wortel saja kepada Bo & Po begitu kami panggil mereka , rumput dan daun ubi sebagai selingan saja.
Haduh itu anak kelinci makannya bikin bangkrut kalau kita cuma kasih mereka sawi dan wortel...
besoknya kami beri daun2 yang tumbuh liar dengan bunga kuning dan berbulu halus katanya kesukaan kelinci..hadeh betapa paniknya esoknya Bo & Po mencret, tapi mereka masih mau makan.
Akhirnya kami kasih asupan sawi & wortel saja terus menerus..
kata orang2 jika kita ingin memberi mereka pangan daun2an harus di diamkan dulu 10 menit(di layukan) bukan di panas2in ya!!
ini gunanya agar kandungan gas pada daun berkurang dan tidak menyebabkan mereka sakit perut dan mencret2...
Alhamdulillah 1bln kedepan mereka hidup dengan pangan sawi,wortel,rumput dan daun2an yg di layukan dulu..
kami tidak pernah kasih kangkung karena kangkung kandungan gasnya besar jadi kami hindari itu,
selain itu 2 kali dalam 1 minggu mereka kami mandikan & lepas di halaman rumah..
seneng sekali karena merasa berhasil saat kami keragunan lagi . kami beli sepasang kelinci biasa (bukan anggora) berwarna putih & hitam kami bawa pulang dan rawat mereka dalam 1 kandang
melihat mereka ber4 akur banget, seneng rasanya...
karena 2 kelinci anggora kami tidak pernah sakit2 atau mencret2 jadi kami menyamakan panganan mereka ..
pada suatu sore saya memberikan pangan mereka daun2 liar yg sudah di layukan..
tapi betapa kagetnya esok hari si hitam & si coklat mencret luar biasa bahkan si hitam diam tidak mau makan dan pada pukul 13.23 wib si hitam meninggal dunia aduh sedih banget...-___-
sedangkan si coklat masih terselamatkan karena masih doyan makan dan di cekokin tolak angin + madu syukurlah berangsur2 si coklat sembuh..
karena berpikir mungkin si hitam & si coklat kelinci yg sangat muda jadi ini yg menyebabkan dia gk cocok makan daun2..
setelah usia 3 bulan kami coba memberi pangan daun2 liar ke si coklat
ternyata hasilnya si coklat sakit lagi dan mencret2 kali ini parah coklat gak mau makan sama sekali, ini tanda2 gawat.
betul aja selang waktu beberapa jam si coklat mati menyusul si hitam...
"aduh sedih dan nyesel...."

Pada akhirnya kami hanya memiliki Bo & Po sampai saat ini, dan kami juga latih mereka makan apa aja roti,nasi,biskuit,kerupuk,bala2 apa aja pokonya dimakan...
Pada usia 5 bulan sepertinya Po sangat ingin mencari pasangan karena berpikir Bo & Po sepasang jadi kami  berharap mereka bisa kawin dan hamil..
tapi kenapa bukan hamil yang terjadi Bo & Po sering kali berkelahi di kandang padahal selama ini mereka seperti saudra yang akur2 aja..
setelah baca-baca di google tentang tanda-tanda kelinci hamil terpikirkan ingin memeriksa jenis kelamin Bo & Po ..hmmm dengan penasaran aq periksa mereka berdua...
ternyata eh ternyata setelah di check Bo & Po semuanya jantan...hadeh....!!!! "__"
selama ini di booingin tukang dagang...#parah
akhirnya karena sering berkelahi mereka berdua kita pisahkan dalam kandang yang berbeda dan sampai sekarang mereka jomblo...
pernah coba di jodohkan dengan kelinci betina kakak aku si Utih tapi sepertinya si Utih belum mau kawin
karena setiap akan ditunggangi, bokongnya selalu dikepojokan kandang dan dirapatkan serapat2nya ke bawah...jiah..!!
jadi kalau anda sekitar cileungsi dan punya kelinci betina siap dikawinkan silakan saja dibawa kerumah saya..hehehe siapa tau bisa jadi besan...

saya perkenalkan Bo!!!
Jenis Lion jantan, usia 6 bulan,berwarna putih dengan bulu lebat sedikit warna coklat di bagian hidung, punggung dan telinga.
Bermata hitam bulat, punya sifat bodoh menggemaskan karena suka sengaja Pup disembarang tempat, nakal sering kabur jauh2 dan gak bakal pulang kalau gak di jemput/dicari, tetapi baik hati dan penyayang
manja,senang bercanda,main petak umpet dan gigit2 tuannya kalau gemes
makanan favorite : wortel,ubi goreng,pepaya

ini PO
Kelinci jantan anggora usia 6 bulan
bermata merah, berbulu putih,pemarah,dan gak suka di pegang bagian mulutnya.
penakut jagoan kandang, pintar dan suka kabur gak jauh2 dan kembali pulang tanpa di cari2
udah gatel banget pengen kawin makanya suka berantem sama Bo karena Bo gak mau disodomi.. "__"
Bo kan pejantan tulen..
makanan Favorite : Sawi,wortel


dan ini calon mempelai wanita Utih
kelinci betina Mini Lop hasil silang kelinci Lop dengan jenis kelinci yang tidak diketahui
usia 5 bulan
sifatnya pintar,lucu, suka makan apa aja permen,roti,mie,ikan,daging ayam,telor,nasi,kerupuk apaan aja di embat selama itu makanan.
kalau pup sukanya di besek, tidak suka pipis sembarangan, punya gaya tidur yg aneh : tidurnya suka nangkring di tangan tangga kayak burung.
dan paling takut sama anak kecil....
emmm banyak lagi sifat anehnya...

dan kelinci coklat di atas itu adalah si coklat in memoriam...si hitam belum sempet di photo waktu itu..
demikian share pengalaman piara kelincinya...
mudah2an nambah pengetahuan buat yang ingin merawat kelinci...



Comments

Post a Comment