Saturday

Cara Jadi Importir

Hy udah lama nie kagak posting..biasa mau sharing pengalaman
walaupun baru bahkan barang order pertama saat ini masih di forwarder China,tapi saya mau berbagi pengalaman saya ..karena jarang sekali saya dapatkan postingan yang sharing cara ini secara blakblakan ..
awalnya sih ingin mendapatkan penghasilan lewat internet dengan menjadi reseller product-product Import , tapi lama-lama penasaran gimana sih cara mereka para importir mendatangkan barang ke Indonesia atau ke negara kita...

1. tahap pertama yang harus disiapkan adalah Mental kita sendiri..siapkah kita menjadi Importir jika sudah maka berdoalah kepada Tuhan dan meminta petunjuk untuk diyakinkan mental dan keyakinannya..
2. kemudian Modal..Alhamdulillah bermodalkan 10 juta Rupiah saya bertekad untuk menjadi Importir..dan barang yang akan saya pasarkan adalah Tas wanita Import dari China..lalu saya cari dan berkenalan dengan sesorang yang menawarkan jasa Importir, dari sana saya mengenal www.seatobao.com situs e commerce terbesar di China, disana tersedia banyak product-product pilihan dari yang murah hingga yang mahal,
hanya saja yang bisa bertransaksi atau melakukan pembayaran adalah orang-orang yang ahli dan bisa berkomunikasi dengan masing-masing CS toko Taobao..
nah agent jasa importir bisa mengatasinya, mereka menyuruh saya memilih-milih tas yang saya inginkan di Taobao , bisa juga dari situs yang berbeda baik dari china ,Singapore atau yang lainya asal kita memiliki link.

Dan kebetulan agent Importir yang saya kenal ini mereka memberi minimal order adalah 50 pcs (bag) 1 item 10 pcs untuk bag import , jadi untuk menjadi importir pemula : jika saya order 50 pcs , saya cuma kebagian 5 item..dan lalu saya coba pilih 5 item bag yang saya mau jual di indonesia,  kemudian mengirim 5 link item bag yang saya mau ke agent, masing-masing link bag memiliki model dan harga berpariatif..kemudian agent akan memberi konfirmasi harga untuk masing-masing model setelah mereka mencheck ketersedian link yang kita beri.
contoh:
harga yang diberikan agent adalah harga sudah termasuk jasa angkut hingga rumah kita, jika kita setuju maka PO akan di process dan pembayaran di lakukan ketika barang tiba di Jakarta.
kita hanya cukup duduk manis semua urusan di urus agent.
info dari agent : kurang lebih 1 bulan barang akan tiba di Jakarta, setelah tiba agent akan mengirim tagihan , jika jumlah tagihan sudah dibayar maka barang akan dikirim ke rumah kita..cukup murah bukan ? dan tidak ribet pastinya...
namun disinilah letak penasaran dan tidak puasnya saya...saya hanya punya 50 pcs dengan 5 item , kayakanya gak asik banget kalau saya cuma pajang 5 item model bag di toko online saya...

Kebetulan memiliki kenalan kawan wanita di China Namany Lily saya kontact dan ajak kerjasama
awal saya tanya pakah dia tau taobao..Lily bilang "sure I know..I have 5 star on that situs so I get easy way to nego and transaction..."  wah mantep kebetulan banget...!!!!
woow!!! dasar cewek kalau ada Hubnya sama shopping aja pasti semangat 45..
apalagi saya berjanji akan beri dia 5% dari total pembelian..kata dia lumayan bisa beli tas 5 biji...itung-itung nolong berhadiah :)
pada awalnya terlihat mudah namun setelah di jalankan ternyata banyak kendala dan rintangan apalagi kami berdua memang tidak ada pengalaman sebelumnya...
saya  siapkan 20 link Tas yang ada di Tabao. com untuk di kirim kepada Lily..
kelebihannya order sendiri , saya bisa order per item berapapun,
bisa 1-10 lebih juga bisa!!
semakin banyak membeli Lily suka dapat potongan harga, tadinya 35 yuan bisa turun jadi 31 yuan mumer2..
tas-tas yang di order dikirim ke rumah Lily biaya pembelian untuk sementara ditalangi oleh lily sampai semua order selesai.
Sementara Lily mengorder barang saya cari forwarder yang murah dan biasa menangani import barang-barang garmen seperti tas dari china ke Indonesia dengan minimum pengiriman 0.5 CBM (1/2 kubik) ..,

karena incar harga jual murah saya harus kirim banyak sekalian dan melalui laut.
Ada juga sie yang minimum 0.2 CBM, ini lebih memudahkan lagi bagi kita sebagai pemula yang gak mau order banyak-banyak.
Harga yang ditawarkan jasa forwarder pun berbeda-beda:

Forwarder A  : minimum pengiriman 0.2 CBM harga Rp 4 juta / kubik hanya sampai Jakarta,
Forwarder B  : minimum 0.5 CBM  harga Rp 5 Juta/kubik sudah sampai rumah dan biaya include asuransi,
Forwarder C : minimum 0.5 CBM harga Rp 3.7 juta/kubik hanya sampai Jakarta untuk sampai ke rumah nanti kita yang putuskan ingin menggunakan jasa cargo lokal apa mengirim dari jakarta ke rumah kita , bisa pakai Tiki,JNE,Wahana dll jika sudah diputuskan akan ada tagihan biaya cargo lokal.

akhirnya saya putuskan menggunakan jasa forwarder yang terakhir karena melihat review pada webnya banyak dan tidak ada komentar atau catatan keburukan tentang forwarder ini.

Gimana sih cara hitung CBM /total biaya angkut ?
contoh menggunakan forwarder C
jika total CBM kita 0.5 maka biaya yang dikeluarkan adalah 0.5 x Rp 3.700.000= Rp 1.850.000

Gimana sih itung CBM
adalah P x L x T / 1.000.000 = Total CBM

setelah selesai check link , Lily kasih list balik untuk 20 Link yang saya kirim tadi, sebagian besar free ongkir ketempat Lily, ada juga yang terkena ongkir.
berselang 1 minggu bag semua sudah kumpul kemudian di check satu persatu oleh Lily, ada 2 tas yang rosletingnya rusak , so Lily komplain ke toko dan mengembalikan tasnya...berselang 2 hari lagi tas sudah ditukar dengan yang baik..
setelah barang kumpul 97 pcs bag (20item) dipacking rapi oleh Lily dan dihitung CBMny per Box..ada 5 box dan di total semua jadi 0.5 CBM Alhamdulillah sesuai rencana.
tahap selanjutany karena agent Forwarder di china gak bisa pickup barang ke tempat Lily akhirnya Lily menggunakan jasa cargo lokal disana untuk antar barang ke agent forwarder di china...biaya kirim dari tempat lily ke gudang forwarder di Guangzhou adalah 60 Yuan..
hmm cukup murah kemudian aku langsung  confirm Lily untuk process...
esokny barang dikirim ke forwarder selang 1 hari barang tiba kemudian forwarder yang di Indonesia info ke saya bahwa barang sudah diterima di Gudang forwarder China sesuai packing List & Invoice yang saya kirim.
sampai saat saya menulis posting ini barang masih ada di china, belum dikirim karena hari buruh sedunia Forwarder libur sampai 06 May 2014.
sebelumnya saya telah pergi ke Indomart untuk transfer uang (3,581.86 yuan= +/- Rp 7.000.000) ini adalah total pembelian  97 pcs bag +5 % buat lily + 60 Yuan (ongkir cargo dari tempat Lily ke forwarder)  melalui Western Union dan hari ini uang sudah diterima oleh Lily..hadeh leganya!!!
nah saya punya pengalaman transfer uang lewat WU ke china melalui Indomart saya akan sharing disini
lanjut ke pokoknya:
barang yang sudah rilis import bisa keluar dari pelabuhan
selanjutnya dibawa ke gudang Forwarder di jakarta untuk di bongkar
setelah di bongkar tinggal diangkut untuk diantar ke penerima (Saya)
saya meminta dikirim pakai wahana
biaya angkut pakai wahana dari Jakarta ke Rumah saya u/ 0.5CBM kena 400rb Rupiah.
jadi total pembelian 97 pcs Tas semuanya adalah +/- 9.250.000 bisa disimpulkan pembelian untuk 1 tas berkisar 96rb ,kita bisa jual 135rb-170rb tergantung gaya pemasaran kita.
Demikian pengalaman saya semoga dimengerti , bisa sedikit membantu dan bermanfaat.
jangan ngantuk and boring yaaa..sempetin koment dikit mah..hehehe...
 tasnya udah tiba udah mulai bisa di order di Toko Lagitrend di tokopedia tempat jual beli online terpercaya
bisa di check harga jual saya lebih/paling murah diantara tas import yg lain, klo ada yg mahal itu tas saya beli waktu saya jadi reseler


gara-gara nulis artikel soal jadi importir
point awal sebelum nanya : anda harus

* sudah punya Link penjual  , dimana cari penjual ? anda harus cari sendiri ya bisa lewat internet, seperti alibaba, aliexpress dll
* jika sudah dapat hub penjual , tanya lah apa yg perlu ditanyakan Harga, MOQ,ukuran,Berat, Lama pembuatan, Lokasi , Exwork atau FOB dan detail2 lainya
---->misalnya klo order 100 pcs kira-kira ukuran CBM dan beratnya berapa
klo udah cocok baru deh cari agen forwarder yg bisa ambil/antar barang dari China ke Indonesia
banyak pertanyaan masuk ke whatshapp dan BBM
pertanyaan umum mereka antara lain setelah menemukan penjual dan harga cocok antara lain



1. apakah dengan menggunakan jasa forwarder kita mengurus pajak bea cukai? jawabnya tidak!! harga yang ditawarkan adalah harga sudah termasuk urusan bea cukai
2. bagaimana jika ada onkos kirim barang dari seller ke gudang forwarder siapa yang bayar? tegantung perjajian anda dengan seller jika harga FOB berati harga barang saja yang kita bayar ke seller sedangkan ongkos kirim ke gudang forwarder seller yang tanggung
3. apakah forwarder mengurus biaya pembelian barang atau order barang? jawabnya tidak mereka cuma mengurus pengiriman barang jadi  biaya yang di bayar ke Forwarder hanya biaya angkut/pengiriman barang dari negara lain sampai tujuan akhir.
4. siapa yang mengurus order mulai dari pemesanan,penyelesaian order, pembayaran,informasi bahwa barang sudah siap kirim? ya pembeli dan penjual lah
5. bagaimana kita mengetahui ukuran berat dll? penjual lah yang harus memberi tahu detail berat & dimensi suatu barang saat di pack, tanyakan jika kita order 50 pcs dari sebuah item berapa kira2 ukurannya?
6. apakah kita mengurusi harga  atau menyertakan harga barang pada saat pengiriman? jawabnya ya anda dan seller harus menyertakan Invoice dan packing list untuk barang yang akan kita import hal ini biasanya dilakukan oleh penjual namun tidak menutup kemungkinan kita juga harus mengecheck invoice & packing list yang dibuat oleh penjual nama barang yang tertera pada invoice harus sama dengan packing list begitupun qty.
harga bisa di atur atau mengarang bebas , yang tadinya harga asli USD 10.00 bisa di buat jadi 8.00 asal jangan kelewatan boongnya aja.
saya sarankan untuk yang mengimport barang kecil-kecilan seperti saya kirim Invoice & Packing list berupa file Excel aja ke forwarder biar mereka bisa edit-edit supaya kalau ada sesuatu yang salah mereka bisa edit atau perbaiki sendiri.
intinya sih urusan bea cukai di indonesia barang yang dikirim/diimport harus sesuai ,namanya harus jelas dan ada harga walau cuma USD 0.1 kalau gak ada harga bisa repot urusannya.

Note:#jangan mengimport barang-barang yang dilarang atau dilindungi.
misalnya mau import Nut guitar terbuat dari tulang jangan tulis Nut Bone(tulang) disana tulis saja misalnya Nut model AS9

*Invoice & Packing list:
mau import mainan bayi tapi model dan typenya banyak, keterangan yang di tulis adalah Baby Toys dan pada kolom sebelahnya baru tulis model dan qty, pada packing list juga misalnya 1 box ada 3 model maka di tulis baby toys model a,b,c lalu di bawahnya total berat 1 Box / Carton
saya akan kasih contoh beberapa Invoice & Packing list perhatikan gambar2 di bawah ini
Ini contoh list Invoice & Packing List saat saya mengimport Tas dari china
Detail Invoice

Detail Packing List


jika barang yang kita import ada 5 Carton kita harus tau / data per carton isinya apa saja dan ada berapa, setelah itu kita timbang berapa ukuran berat / carton/Box/palet, lalu kita ukur panjang, lebar,tinggi per Carton/Box/palet setelah kita tau ukuranya hitung lah CBMnya  P x L x T / 1.000.000 = Total CBM
apa yang tadi kita data saat packing kita buat listnya / tulis namanya pada Invoice begitupun harga barangnya.
sebetulnya ini tugas seller/penjual namun apa salahnya jika kita sebagai pengimport barang juga tau, jadi jika seller kita tidak berpengalaman dalam mengirim barang kita jelaskan soal ini.
* invoice banyak model dan stylenya namun yang paling penting dalam invoice adalah
Nama pengirim, penerima barang ,alamat yang dituju, kategori barang(mainan,tas,guitar part dll), model(kode barang), qty harga dan total harga,
* sedangkan dalam packing list Nama pengirim, penerima barang ,alamat yang dituju, nama barang,jumlah carton, ukuran berat, cbm / carton lalu total ukuran berat semua Carton/Box/palet
atau Invoice+packing list di gabung seperti ini
mudah-mudahan ini bisa sedikit menambah bayangan anda sebagai awal mengimport barang
Kalau tertarik ingin berjualan dan memiliki toko online yang dibuat sendiri baca petunjuknya disini 

REVLON Fabuliner [0477-002-100] - Black Brown
REVLON Fabuliner [0477-002-100] - Black Brown






41 komentar :

Anonymous said...

Bole share pakai jasa importir mana mas?

Haryanti said...

thanks udah mampir gan saya pakekjasa forwarder clslogistics ini linknya http://www.cls-logistic.com/

michael sugeng said...

Boleh tau tasnya yg ukuran seberapa rata2nya, sis?
Pengen sih, tp perkiraan 1 cbm muat brp itu yg blm tau.
Kalo perhitungannya meleset kan bs mahal jatohnya, bener gak?
Terus skrng masih rutim import?
thx sblmnya

michael sugeng said...

boleh minta pict tas2nya ga sis? seberapa ukurannya (0.5 cbm = 97 pcs), biar saya bs ngira2...

NB said...

klo ukuran beda-2..silakan lihat disini http://www.tokopedia.com/sakinahs untuk referensi

michael sugeng said...

Makasih sis, lumayan dah agak kebayang.
Somaga laris manis dagangannnya hehe...

Anonymous said...

sip

Gatot Adriansyah said...

Sharingnya bermanfaat bgt..
Klo mengenai pajaknya gimana ya sis?soalnya di atas ga disinggung pajak.apa emg ga ada?makasih sebelumnya

NB said...

Sdr Gatot trimakasih atas pertanyaannya, kalau kt pakai jasa forwarder harga sudah termasuk biaya pajak
kita cuma tungg barang sampai d rumah aja.. :)

ennjer said...

Sis blh minta pin bbm ato wa nya gak?

NB said...

081290191017

sly and csa said...

bisa dikenalkan kepada saya agen taobao anda yg di guangzhou?

NB said...

maaf gan saya gk punya agen taobao

Anonymous said...

Mba, boleh minta kontak agen importir yang dimaksud? Terima kasih

Anonymous said...

Mba.. kl saya ngirim barang yg saya beli dari seller ke gudang forwarder di negera seller, apakah seller nya itu cukup mencantumkan alamat gudang forwarder yg saya pakai? Bagaimana dgn alamat invoice dan packing list?

NB said...

invoice dan packing list
alamat pengirim asli & peneremia asli Gan

Theresia Tjia said...

Mau belajar jg jadi importir nih mba.. makasih banyak ya sharingnya.. berguna bangettt :) smoga laris yaa

NB said...

YA SAMA2..MAKASIH UDAH MAMPIR

Bellanisa Budiarti Candra said...

thanks very helpful! kebetulan lagi penasaran gimana Cara jadi importir. oiya boleh minta I'd line atau wa? thanks before

Anonymous said...

bermanfaat sekali nih, jarang ada orang yang mau buka2an mengenai strategi bisnisnya. semoga sukses mba!

fitri rizki said...

Mb.. tq ya udh mau berbagi. God bless you. Semakin laris ya dagangannya.

NB said...

makasih all dah mampir

Elisabeth Aritonang said...

Terima kasih mba keren sekali sudah mau berbagi. Kalo mau tanya tanya langsung ke wa atau lewat line boleh ga mba..saya ingin jadi importir kecil kecilan untuk membantu keuangan keluarga. Terimakasih.

NB said...

Saudari Elisabeth @ silakan jika ada waktu renggang saya usahakan balas

Budi Wijaya said...

Wah artikel yg bermanfaat ,,makasih

sahid afwan said...

Sip.....mantap pokonya

Unknown said...

Impressed banget,have successfully buat mbk Yanti.

Fahmy Import said...

PT.ANUGRAH SUMBER SEMBILAN adalah perusahaan yang bergerak di bidang General TRADING, Jasa Emkl dan EMKU, Forwarding, PPJK, Customs Clearance, Pengiriman Domestics Dll.
Dengan di dukung oleh staff yang berpengalaman dan terpercaya di bidang Forwarding serta ke-agen-an hampir di seluruh Pelabuhan Utama dan Bandar Udara baik di Dalam Negeri maupun Luar Negeri, maka kami ingin mengajak kerjasama yang saling menguntungkan dengan Perusahaan Bapak/ Ibu.
Kami menawarkan integritas, keahlian dan fleksibilitas dalam memberikan kombinasi terbaik antara biaya, kecepatan dan kehandalan.Kami membuktikan daya saing kita di pasar dengan menetapkan tren baru melalui komitmen dan keunggulan yang ditunjukkan oleh tim profesional yang berorientasi target dan sangat inovatif dalam memberikan solusi logistik yang lengkap.

Adapun project kerjasama unggulan kami sebagai berikut :

– Air & Sea Freight ( LCL & FCL)
– Bonded Warehousing
– Custom Brokerage – Custom Clearance
– Door to door service
– Under name
– Import Sea Freight & Air Freight Service
– Export Sea Freight & Air Freight Service
– Import Consulidation
– Jasa Borongan Import ( ALL In )

Kami juga melayani import Under Name dimana kami menyediakan legalitas import, ini adalah solusi yang kami berikan kepada perusahaan yang ingin import barang akan tetapi belum memiliki legalitas / izin import.

No. Harmonized system ( HS) yang sudah kami miliki untuk Under Name antara lain :

Hs Code : 2801 s/ d 3826 Hs Code : 6801 s/ d 7020
Hs Code : 3901 s/ d 4017 Hs Code : 7201 s/ d 8311
Hs Code : 4101 s/ d 4304 Hs Code : 8401 s/ d 8545
Hs Code : 4401 s/ d 4602 Hs Code : 8601 s/ d 8908
Hs Code : 4701 s/ d 4911 Hs Code : 9001 s/ d 9209
Hs Code : 5001 s/ d 6310 Hs Code : 9401 s/ d 9619
Hs Code : 6401 s/ d 6704 Hs Code : 9701 s/ d 9803

Dan izin pendukung yang kami miliki sebagai berikut :

– NPIK Elektronik – IT Elektronik
– NPIK Besi & Baja – IT Besi & Baja
– NPIK Alas kaki – IT Alas Kaki
– NPIK Garment – IT Pakaian jadi
– NPIK Mainan – IT Mainan anak-anak

Operasional perusahaan kami meliputi :

– Pelabuhan Tanjung Priok ( Jakarta ) dan Soekarno Hatta II Air Port ( Jakarta )
– Pelabuhan Tanjung Perak ( Surabaya )
– Pelabuhan Tanjung Emas ( Semarang )
– Pelabuhan Batam Centre ( Kepulauan Riau )
– Pelabuhan Belawan ( Medan )


Thanks & Best ‘regards
Zul Fahmy Ariandi
Mobile : 0853 6096 6998

PT ANUGRAH SUMBER SEMBILAN
​​Gedung Perkantoran Pulomas Satu Gedung IV Lantai 2
​​​​Jln.Jendral Ahmad Yani No.2 Jakarta Timur 13210
(+6221) 471 4789
(+6221)475 8044
Fahmyanugrah23@gmail.com
http://ptanugrahseumbersembilan.blogspot.co.id/#

iwan said...

ini baru artikel.....mantap...

Umar Anggoro said...

Mengenai bea cukai gimana?

zie writing said...

Best mbak informasinya, terimakasih....

Franky Wijaya said...

Boleh saya minta WA teman anda Lily di China ini?
Saya mau ada import2 brg juga, thanks.

Mrs.Hary said...

@FRANKY WIJAYA maaf tidak bisa, teman sya ini sekarang sudah sibuk dengan pekerjaannya

arik nur ahmadi said...

Suka bacanya, mbak minta referensi jasa forwarder yang terpercaya donk

Winda Silviana said...

saya bingung tentang perhitungan ongkos kirim nya kak. Kan kalo 1 cbm misal 4jt. Berarti 0,5 cbm 500rb gan? Kan ngitung volume kardus ukuran 1x1x1 volume nya 1m3, kardus yg ukuran 0,5x0,5x0,5 volume nya 0,125 M3. 1 M3 dibagi 0,125 M3 kan 8. 4jt dibagi 8 jumlah nya 500rb kak....
Logika nya kardus 1 cbm itu muat 8 kardus ukuran 0,5 cbm. Jadi 4 jt di bagi 8. Apa memang harus bayar 2 jt kak(setengah dari 1 cbm) ?

Mrs.Hary said...

Winda Silviana
kalau harga 1 cbm 4 jt maka 0.5 cbm ya 2jt , kan 0.5 = setengah dari 1 cbm
apabila ketentuanya minimal pengiriman 0.5 cbm, walau volume barang tidak sampai 0.5 cbm tetap kita harus bayar 0.5 cbm = 2jt jika , saya kurang negrti cara anda berhitung ukur aja kardus misalnya Panjang 0.5 x L ebar 0.5 x Tinggi 0.5 dibagi 1.000.000(1jt) = maka hasil cbmnya 0.00000125 CBM

Siska KS said...

Keren mbak sharing nya, sy mau praktek. Boleh saya hubungi via wa?

anna sbn said...

JASA IMPORT DOOR TO DOOR
PT. Quinn Express
Jl. Swasembada Barat I No. 37
Tanjung Priok, Jakarta Utara
Telp. 021-22432253
WA 082122830010

cep danie said...

Ini baru yg namanya artikel!!! Mantap!!
Mbak, apakah berkenan apabila saya bertanya langsung via wa?
Trims

FITRI FITAFAUZIAH said...

Mending kirim via laut ato via udara mba klo imprt tas?

seserahan balikpapan said...

Terimakasih sudah berbagi ilmu mba.. semoga berkah n laris manis dagangannya..

Post a Comment

Copyright © 2014 Calmharyantiblog . All Rights Reserved. Template by CB Blogger . Powered by Blogger.