Monday

Reaktor Nuklir Fukushima Meledak lagi



TOKYO - Ledakan kembali terjadi di fasilitas nuklir Fukushima Dai-ichi di Jepang, Senin (14/3). Sebelumnya, ledakan juga terjadi pada Jumat (14/3) pekan lalu, akibat gempa kuat dan tsunami di Sendai, Jumat (11/3) lalu. Tokyo Electric Power Co yang mengelola fasilitas nuklir itu menyatakan, selain tujuh orang dinyatakan hilang, tiga pekerja lainnya mengalami luka-luka.

Sekretaris Kabinet Jepang, Yukio Edani, mengatakan ledakan hidrogen itu terjadi pada Unit 3 fasilitas nuklir. Ledakan itu mirip dengan ledakan sebelumnya di unit yang berbeda.

Yukio Edano mengatakan, akibat ledakan itu warga dalam radius 20 km diperintahkan untuk tetap tinggal di dalam rumah. Sementara Wartawan AP merasakan ledakan itu dari sajak 25 mil (40 kilometer).

Edano menepis kekhawatiran terhadap risiko terhadap lingkungan dan masyarakat. Sebab, balok penahan wadah kontainmen dalam reaktor nuklir tersebut dalam kondisi utuh.

Meski demikian Lebih dari 180.000 orang diungsikan dari daerah itu dalam beberapa hari terakhir. Reaktor Unit 3 sebenarnya sudah berada di bawah pengawasan darurat paskaledakan pada fasilitas Unit 1.(ap/ara/jpnn)


0 komentar :

Post a Comment

Copyright © 2014 Calmharyantiblog . All Rights Reserved. Template by CB Blogger . Powered by Blogger.