Tuesday

Pahlawan Fukhusima 50

 Jepang yang terkenal dengan sifatnya yg rela berkorban demi kepantingan orang lain, sekarang menambah jejeran bukti itu dengan adanya para pahlawan Fukhusima Fifty. Mereka adalah pekerja yang mengerahkan seluruh energi bahkan nyawanya untuk mendinginkan reaktor nuklir Fukushima Jepang, mereka adalah pahlawan bukan hanya untuk Jepang tapi juga Dunia.
Nama fukushima 50 ini didedikasikan kepada 50 karyawan Tepco, pengelola PLTN Fukushima Jepang oleh koran inggris ternama Guardian, para pekerja hebat ini ditugaskan untuk mendinginkan reaktor nuklir Fukushima yang meledak 11 maret 2011 lalu.
Fukhusima Fifty ini mulai dikenal dunia setelah seorang pekerja wanita di reaktor Fukushima Michiko Outsuki menulis dan menceritakan kisah heroik para pekerja pada saat reaktor nuklir Fukusima meledak 11 maret lalu di salah satu Blognya.
Sebenarnya pada saat setelah reaktor nuklir Fukushima meledak ada 800 pekerja yang diminta tinggal dikawasan PLTN itu padahal ribuan warga justru di evakuasi dan diminta menjauh dari Zona nuklir Fukushima sekitar 20 kilometer dari sana. Saat itu Michiko menyaksikan sendiri pada saat dia akan di evakuasi bersama 800 pekerja lainya, beberapa rekan lainya tidak lari dari reaktor justru mereka terjun berupaya mengatasi keadaan, padahal mereka akan dengan mudah menjadi korban ledakan berikutnya.
Dari 800 pekerja tersebut akhirnya tersisa 50 orang yang kemudian dikenal sebagai Fukushima 50 dan pada saat menyusul reaktor empat terjadi ledakan mereka sempat di evakuasi karena dianggap radiasi sangat tinggi, sampai kemudian dikirim kembali kesana, saat kembali itulah jumlah mereka bertambah menjadi lebih 180 namun mereka terlanjur dikenal sebagai pahlawan Fukushima Fifty. Keberanian mereka justru menarik reaksi puluhan pekerja reaktor Nuklir dibelahan negri Jepang , mereka menawarkan diri mereka untuk ikut serta menjinakan reaktor Nuklir Fukushima.
Salut Buat Fukushima 50 orang-orang pemberani berdikasi tinggi dan sangat perduli dengan orang lain. Jepang mungkin memang sudah memikirkan ini mungkin akan terjadi sehingga mereka berani membangun reaktor Nuklir karena memang terbukti mereka adalah Negara orang-orang pemberani dan terhormat.Sikap seperti ini mendapat penghargaan tinggi dalam masyarakat yang terkenal dengan budaya bushido tersebut.
Ceritanya seperti film yang dibintangi Brush Willis Armagedon orang-orang yang berani mempertaruhkan nyawa demi menyelamatkan Dunia.
Jadi terharu...nulis-nulis akhir ini udah kayak wartawan aja mudah-mudahan tulisan ini memperluas inspirasi kawan-kawan.
kalau aku yang aku yang jadi inpirasi adalah Michiko Outsuki karena dia menceritakan kisah waktu itu di blognya kemudian blog dia jad ramai...


0 komentar :

Post a Comment

Copyright © 2014 Calmharyantiblog . All Rights Reserved. Template by CB Blogger . Powered by Blogger.